Selasa, 08 Maret 2011

INFORMASI DAN KOMUNIKASI TEKNOLOGI DALAM PENGAJARAN BIOLOGI DISEKOLAH MENENGAH SLOVENIA


INFORMASI DAN KOMUNIKASI TEKNOLOGI DALAM PENGAJARAN BIOLOGI DISEKOLAH MENENGAH SLOVENIA
Pengarang :
1.  Andrej Sorgo ( University of Maribor,Maribor nia slovenia )
 2. Tatjana Verckovnik and slavko Kocijancic ( university of ljubljana,Ljubljana,Salovina)

            ABSTRAK
Sekitar dua pertiga sekolah menengah slovenia menerima komputer yang dilengkapi dengan data loger dan sensor yang digunakan dalam pengajaran ilmu fisika, kimia,dan biologi.kemudian para guru menggunakan peralatan yang dihibahkan tersebut didalam kelas atau laboratorium.
Untuk itu diperlukan angket untuk mengetahui sekolah mana yang berhak menerima bantuan tersebut.berdasarkan jawaban angket tersebut itu dimungkinkan untuk menugaskan aplikasi komputer dari satu menjadi tiga kelompok.kelompok pertama adalah aplikas – aplikasi sebagai berikut, world procesing,e-mail dan pengguna internet kepada guru – guru yang telah memiliki sikap positif terhadap tegnologi tersebut dan mereka menggunakan teknologi tersebut untuk mengerjakan sekolah.pada umumnya penggunaan teknologi tersebut guru – guru dapat mengerjakan dirumah dan kemudian menggunakan bahan-bahan tersebut dalam pengajaran dikelas.
Kelompok kedua yaitu aplikasi – aplikasi sebai berikut presentasi penggunaan data loger penggunaan komputer dan laboratorium virtual.yang merupakan hal yang positip,tetapi guru – guru tidak menggunakan aplikasi tersebut karena terlalu melampoin kurikulum,berkurangnya perlalatan dan pelatihan yang tidak memadai.
Dikelompok ketiga adalah aplikasi yang digunakan adalah aplikasi komputer dan pemograman merupakan hal yang positif dan guru juga tidak menggunakan program tersebut.pengenalan aplikasi tersebut di dalam pembelajaran masih jaoh dari realistis ( tak mungkin )

            PENDAHULUAN
Kemampuan untuk bekerja dengan menggunakan ICT dikenal sebagai salah satu kopetensi kunci yang sangat mendasar untuk sukses dalam kehidupan dan dunia kerja.yang setiap orang harus miliki dan istilah komputer sendiri dikenalkan untuk membedakan antara pengguna dan bukan pengguna ICT.
Mengenai ICT dua peran penting ditugaskan untuk sekolah.yang pertama memenuhi harapan masyarakat untuk dituntut menguasai ahli dalam ICT.Yang kedua untuk meningkatkan kualitas di sekolah dangan ICT sebagai pendukungnya.Banyak sarjana  para guru,pentrainer,telah mengenal ICT untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran.
Dan sebagai dampaknya muncullah atrikel – artikel tentang penggunaan ICT disekolah.Bagaimanapun dalam kenyataan nya masih jauh dari harapan penggunaan ICT pada ilmu pengetahuan,transportasi,industri,dan banyak bidang lainnya yang belum menggunakan ICT.
Ø  Pernyataan untuk literatur tersebut.
  1. mendeskripsikan hardwear baru dan meninofasikan aplikasi sofwer yang di disain untuk digunakan disekolah dalam kehidupan sehari – hari.
  2. Memberikan banyak manpaat dan pengaruh positip ICT dalam pendidikan.
  3. Penggunaan komputer disekolah menjadi berharga dengan sikap dan pendapat para guru – guru.
Ø  Kontribusi jurnal ini terhadap pembahasan permasalahan ini.
  1. Pembahasan ini menyarankan pentingnya penggunaan sofwer oleh guru – guru
  2. Mengembangkan alat pengajaran yang baru hampir tak bermanfaat jika guru tak mengenal pentingnya ICT dalam praktek pengajaran.
  3. Sebuah Aplikasi akan lebih mudah ditransfer jika para guru menggunakan menguji ICT dan mempersiapkan bahan-bahan ajaran sebelumnya dirumah dengan menggunakan komputer.


TUJUAN PEMBAHASAN
            Daya dorong yang melatar belakangi penelitian ini adalah pengetahuan diantara 2001 dan sekitar tahun 2004 yang mana 2/3 dari sekolah slovenia telah menerima 269 peralatan komputer lengkap dengan data loger,sensor,yang digunakan dalam pengajaran Fisika,kimia dan Biologi dalam pembelajaran.Karena guru biologi disekolah slovenia masih kurang kira – kira sekitar 150 orang guru oleh karena itu sedikit guru menggunakan alat - alat tersebut di dalam kelas dan berlatih didalam laboratorium.karena kita telah sukses menerapkan komputer didalam pengajaran kita dan dalam laboratorium yang dilengkapi dengan alat – alat cangging yang digunakan oleh para guru biologi.dan oleh karena itu kita harus bersikap sebaagi berikut.Bagaimana komputer digunakan oleh rekan kerja disekolah dan permasalahan apa yang mereka hadapi.
BAHAN DAN METODE
Penelitian kami mengenai penggunan ICT adalah bagian dari tesis yang berjudul pengaruh laboratorium komputerisasi  terhadap kualitas pengajaran bioli terhadap siswa menengah atas.Riset tersebut berdasarkan ide ketersediaan alat-alat tersebut.yang sering dilaporkan tentang penggunaan komputer tersebut.
KESIMPULAN
Dari hasil penelitian tersebut kita dapat mengatakan bahwasannya guru biologi slovenia mengetahui bagaimana penggunaan komputer paling sedikit pada level dasar dan mengunakan nya secara spontan.kita dapat menprediksi bahwasan nya para guru akan menjadi sering untuk mengakses komputer di sekolah mereka.Dari kesimpulan tersebut bahwasannya guru menggunakan komputer untuk mempelajar pengetikdan  komunikasi dan deskop perpustakaan,karena kurangnya jumlah komputer disekolah maka guru –guru harus saling berbagi disekolah.Situasi tersebut berbeda ketika komputer digunakan dikelas.Sekolah pada umumnya menggunakan komputer dengan baik dalam ilmu ITC tetapi tidak untuk pembelajaran biologi.Kebanyakan guru biologi telah mengakses ( baik di dalam perpustakaan disekolah maupun di ruang guru telah mengakses 1 komputer didalam ruang komputer yang siswanys tak bisa memanpaatkan komputer tersebut.Ada dampak positif dengan menggunakan komputer di dalam kelas biologi maupun dalam laboratorium.



KEUNGGULAN dan KELEMAHAN
Keunggulan dari ITC adalah pembelajaran akan menjadi lebih kreatif dalam proses belajar mengajar biologi,disamping itu prestasi siswa akan lebih meningkat dan pengetahuan guru di bidang ITC lebih meningkat.
Kelemahannya adalah kurangnya ICT disekolah dan minimnya penguasaan guru disekolah dalam penguasaan ICT.





INFORMASI DAN KOMUNIKASI TEKNOLOGI DALAM PENGAJARAN BIOLOGI DISEKOLAH MENENGAH SLOVENIA
Pengarang :
1.  Andrej Sorgo ( University of Maribor,Maribor nia slovenia )
 2. Tatjana Verckovnik and slavko Kocijancic ( university of ljubljana,Ljubljana,Salovina)

            ABSTRAK
Sekitar dua pertiga sekolah menengah slovenia menerima komputer yang dilengkapi dengan data loger dan sensor yang digunakan dalam pengajaran ilmu fisika, kimia,dan biologi.kemudian para guru menggunakan peralatan yang dihibahkan tersebut didalam kelas atau laboratorium.
Untuk itu diperlukan angket untuk mengetahui sekolah mana yang berhak menerima bantuan tersebut.berdasarkan jawaban angket tersebut itu dimungkinkan untuk menugaskan aplikasi komputer dari satu menjadi tiga kelompok.kelompok pertama adalah aplikas – aplikasi sebagai berikut, world procesing,e-mail dan pengguna internet kepada guru – guru yang telah memiliki sikap positif terhadap tegnologi tersebut dan mereka menggunakan teknologi tersebut untuk mengerjakan sekolah.pada umumnya penggunaan teknologi tersebut guru – guru dapat mengerjakan dirumah dan kemudian menggunakan bahan-bahan tersebut dalam pengajaran dikelas.
Kelompok kedua yaitu aplikasi – aplikasi sebai berikut presentasi penggunaan data loger penggunaan komputer dan laboratorium virtual.yang merupakan hal yang positip,tetapi guru – guru tidak menggunakan aplikasi tersebut karena terlalu melampoin kurikulum,berkurangnya perlalatan dan pelatihan yang tidak memadai.
Dikelompok ketiga adalah aplikasi yang digunakan adalah aplikasi komputer dan pemograman merupakan hal yang positif dan guru juga tidak menggunakan program tersebut.pengenalan aplikasi tersebut di dalam pembelajaran masih jaoh dari realistis ( tak mungkin )

            PENDAHULUAN
Kemampuan untuk bekerja dengan menggunakan ICT dikenal sebagai salah satu kopetensi kunci yang sangat mendasar untuk sukses dalam kehidupan dan dunia kerja.yang setiap orang harus miliki dan istilah komputer sendiri dikenalkan untuk membedakan antara pengguna dan bukan pengguna ICT.
Mengenai ICT dua peran penting ditugaskan untuk sekolah.yang pertama memenuhi harapan masyarakat untuk dituntut menguasai ahli dalam ICT.Yang kedua untuk meningkatkan kualitas di sekolah dangan ICT sebagai pendukungnya.Banyak sarjana  para guru,pentrainer,telah mengenal ICT untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran.
Dan sebagai dampaknya muncullah atrikel – artikel tentang penggunaan ICT disekolah.Bagaimanapun dalam kenyataan nya masih jauh dari harapan penggunaan ICT pada ilmu pengetahuan,transportasi,industri,dan banyak bidang lainnya yang belum menggunakan ICT.
Ø  Pernyataan untuk literatur tersebut.
  1. mendeskripsikan hardwear baru dan meninofasikan aplikasi sofwer yang di disain untuk digunakan disekolah dalam kehidupan sehari – hari.
  2. Memberikan banyak manpaat dan pengaruh positip ICT dalam pendidikan.
  3. Penggunaan komputer disekolah menjadi berharga dengan sikap dan pendapat para guru – guru.
Ø  Kontribusi jurnal ini terhadap pembahasan permasalahan ini.
  1. Pembahasan ini menyarankan pentingnya penggunaan sofwer oleh guru – guru
  2. Mengembangkan alat pengajaran yang baru hampir tak bermanfaat jika guru tak mengenal pentingnya ICT dalam praktek pengajaran.
  3. Sebuah Aplikasi akan lebih mudah ditransfer jika para guru menggunakan menguji ICT dan mempersiapkan bahan-bahan ajaran sebelumnya dirumah dengan menggunakan komputer.


TUJUAN PEMBAHASAN
            Daya dorong yang melatar belakangi penelitian ini adalah pengetahuan diantara 2001 dan sekitar tahun 2004 yang mana 2/3 dari sekolah slovenia telah menerima 269 peralatan komputer lengkap dengan data loger,sensor,yang digunakan dalam pengajaran Fisika,kimia dan Biologi dalam pembelajaran.Karena guru biologi disekolah slovenia masih kurang kira – kira sekitar 150 orang guru oleh karena itu sedikit guru menggunakan alat - alat tersebut di dalam kelas dan berlatih didalam laboratorium.karena kita telah sukses menerapkan komputer didalam pengajaran kita dan dalam laboratorium yang dilengkapi dengan alat – alat cangging yang digunakan oleh para guru biologi.dan oleh karena itu kita harus bersikap sebaagi berikut.Bagaimana komputer digunakan oleh rekan kerja disekolah dan permasalahan apa yang mereka hadapi.
BAHAN DAN METODE
Penelitian kami mengenai penggunan ICT adalah bagian dari tesis yang berjudul pengaruh laboratorium komputerisasi  terhadap kualitas pengajaran bioli terhadap siswa menengah atas.Riset tersebut berdasarkan ide ketersediaan alat-alat tersebut.yang sering dilaporkan tentang penggunaan komputer tersebut.
KESIMPULAN
Dari hasil penelitian tersebut kita dapat mengatakan bahwasannya guru biologi slovenia mengetahui bagaimana penggunaan komputer paling sedikit pada level dasar dan mengunakan nya secara spontan.kita dapat menprediksi bahwasan nya para guru akan menjadi sering untuk mengakses komputer di sekolah mereka.Dari kesimpulan tersebut bahwasannya guru menggunakan komputer untuk mempelajar pengetikdan  komunikasi dan deskop perpustakaan,karena kurangnya jumlah komputer disekolah maka guru –guru harus saling berbagi disekolah.Situasi tersebut berbeda ketika komputer digunakan dikelas.Sekolah pada umumnya menggunakan komputer dengan baik dalam ilmu ITC tetapi tidak untuk pembelajaran biologi.Kebanyakan guru biologi telah mengakses ( baik di dalam perpustakaan disekolah maupun di ruang guru telah mengakses 1 komputer didalam ruang komputer yang siswanys tak bisa memanpaatkan komputer tersebut.Ada dampak positif dengan menggunakan komputer di dalam kelas biologi maupun dalam laboratorium.



KEUNGGULAN dan KELEMAHAN
Keunggulan dari ITC adalah pembelajaran akan menjadi lebih kreatif dalam proses belajar mengajar biologi,disamping itu prestasi siswa akan lebih meningkat dan pengetahuan guru di bidang ITC lebih meningkat.
Kelemahannya adalah kurangnya ICT disekolah dan minimnya penguasaan guru disekolah dalam penguasaan ICT.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar